Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Berlin Barus AMIK Medan Business Polytechnic

Keywords:

Underpricing, Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Reputasi Underwriter, Reputasi Auditoryang mempengaruhi terjadinya underpricing. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI) yakni pada semua perusahaan yang melakukan IPO(Initial Public Offering ). Underpricing yang diukur dengan initial abnormal return yang merupakan variabel dependen dalam penelitian ini. Sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah reputasi underwriter, reputasi auditor mempengaruhi hubungan variabel independen terhadap variabel independen. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana di BEI mulai dari tahun 2009-2013, yaitu sebanyak 115 perusahaan .Pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling menghasilkan 82 sampel penelitian yang diperoleh dari perusahaan yang mengalami underpricing dan data yang lengkap dan data diolah menggunakan metode uji statistik regresi linier berganda yang digunakan untuk menguji hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen..Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel reputasi underwriter, reputasi auditor, berpengaruh secara signifikan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel reputasi underwriter, reputasi auditor berpengaruh signifikan pada terjadinya underpricing

Published

2017-02-01