Kontribusi Permainan Matematika Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Frida Marta Argareta Simorangkir

Keywords:

Permainan Matematika Kreatif, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi permainan matematika kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Swasta Sinar Pembaharuan Hidup Tanjung Mulia. Sampel yang terpilih melalui teknik random sampling adalah siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah angket mengenai permainan matematika kreatif. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan persamaan Y = 84,150 + 0,599X dengan thitung = 0,745, karena thitung > 0,05 maka terdapat kontribusi yang signifikan antara permainan matematika kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar yaitu sebesar 0,599.

Published

2017-02-01