Kemampuan Siswa pada Aturan Sinus Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016

Authors

  • Nilam Sari Universitas Quality
  • Aminuddin Ziliwu Universitas Quality

Keywords:

Pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran konvensional, kemampuan pada aturan sinus

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah, dengan tujuan untuk mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa dalam menyelesaikan aturan sinus yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah daripada kemampuan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian siswa kelas X SMA sebanyak 8 kelas dengan jumlah siswa 323 orang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-4 (kelas eksperimen) dan kelas X-5 (kelas kontrol) jumlah sampel 80 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes berbentuk uraian sebanyak 3 soal yang telah divalidasi oleh validator.

Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada tes akhir dengan pembelajaran berbasis masalah adalah 72,33 dan nilai rata-rata siswa pada tes akhir dengan pembelajaran konvensional adalah 68,18. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan aturan sinus dengan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.

Published

2017-08-01