Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri No. 044861 Pergendangen

Authors

  • Pindo Hutauruk Universitas Quality

Keywords:

Kooperatif tipe STAD, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri No. 044861 Pergendangen pada kompetensi dasar mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 044861 Pergendangen, Kecamatan Tigabinanga yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian pada persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Persentase observasi aktivitas guru mengalami peningkatan dari 67% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Persentase observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 62% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri No. 044861 Pergendangen.

Published

2017-08-01