Perbedaan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Suhu san Kalor di Kelas X Semester I SMA Swasta Mardi Lestari Medan Tahun 2016

Authors

  • Rameyanti Tampubolon Universitas Darma Agung

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran langsung pada materi suhu dan kalor di kelas X semester I SMA Swasta Mardi Lestari Medan Tahun 2016.

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretes – postest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X semester I SMA Swasta Mardi Lestari yang terdiri 4 kelas dengan jumlah 125 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas dan diperoleh kelas XA sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas XC diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, yang masing-masing terdiri 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk essay sebanyak 10 butir soal yang telah diujicobakan kepada kelas diluar sample kemudian dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.

Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,22 dengan standart deviasi 7,37 dan untuk kelas kontrol adalah 42,30 dengan standart deviasi 7,44. Dari pengujian hipotesis menggunakan SPSS diperoleh sig. (2-tailed) = 0,967 dan = 0,05 karena sig. > (0,967 > 0.05) hal ini menunjukkan bahwa, kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diakhir pembelajaran diberi postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,26 dengan standart deviasi 7,43 dan kontrol adalah 72,45 dengan standart deviasi 7,39. Dari pengujian hipotesis menggunakan SPSS diperoleh sig. (2-tailed) = 0,002 dan = 0,05 karena sig. < (0,002 < 0,05) hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran langsung pada materi suhu dan kalor kelas X Semester I SMA Swasta Mardi Lestari Tahun 2016.

Published

2017-08-01