Efektivitas Metode Pemberian Tugas Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Lusia

Authors

  • Asnita Hasibuan Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

Metode Pemberian Tugas, Metode Ceramah, Membaca Pemahaman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Efektivitas Metode Pemberian Tugas Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan TP 2016/2017. Manfaatnya sebagai bahan pertimbangan bagi siswa yang telah menerapkan metode Pemberian Tugas dengan yang belum menerapkan, dalam peningkatan kemampuan membaca pemahaman, Dapat dijadikan dasar dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar disekolah yang diteliti, dan sebagai bahan masukan bagi setiap guru studi bahasa Indonesia agar lebih memperhatikan kegiatan membaca siswa.Populasi pada penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VIII SMP Swasta St. Lusia Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 49 orang dengan rincian: 24 orang kelas VIII1, dan 25 orang kelas VIII2. Hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan berdasarkan data yang ditemukan bahwa metode pemberian tugas lebih efektif daripada metode ceramahterhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.

Published

2018-02-01