Analisis Peranan Public Relations dalam Meningkatkan Tingkat Hunian di Hotel Danau Toba International Medan

Authors

  • Dameria Girsang

Keywords:

Public Relation, Tingkat Hunian (Room occupancy), Hotel

Abstract

Hotel adalah perusahaan yang menyediakan jasa-jasa dalam bentuk akomodasi (penginapan ) serta menyajikan hidangan dan fasilitas lainnya dalam hotel untuk umum, yang memenuhi syarat-syarat comport dan bertujuan komersial.Dalam surat Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No.KM.37/PW.304/MPPT-86 ( 7 Juni 1986) diberikan batasan mengenai hotel : sebagai jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial.

Didalam pengelolaannya, hotel-hotel besar memiliki 3 (tiga) jenjang manajemen yaitu manajemen puncak, manajemen administrasi dan manajemen operasional. Dalam konteks ini yang menjadi pokok bahasan adalah manajemen administrasi, yaitu para eksekutif bidang seperti marketing manajer, room devision manager, food & beverage manager, dll.

Di berbagai daerah Indonesia masih sering bergolak, belum adanya jaminan keamanan. Disinilah peranan pemasaran yang dikomunikasikan melalui Public Relation Officer menjadi penting. Tidak hanya untuk menarik kunjungan wisatawan lebih banyak datang, lebih lama tinggal, dan lebih banyak membelanjakan uangnya di Daerah Tujuan Wisata yang dikunjungi, tetapi suatu tantangan muncul diantara hotel-hotel yang kamar- kamarnya tidak terjual itu, bagaimana menarik wisatawan tinggal dan menginap di hotel masing-masing.

  1. Sesuai dengan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan analisis regresi linier berganda baik dengan uji-F maupun dengan uji-t secara persial tentang hubungan peranan / pengaruh public relations terhadap tingkat hunian (room occupancy) Hotel Danau Toba Internasional Medan dapat disimpulkan bahwa :
    Public Relations dengan indikator press relations, product publicity, corporatecommunication, lobbying dan counseling berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunianatau dengan kata lain mempunyai peranan dalam meningkatkan tingkat hunian (roomoccupancy) pada Hotel Danau Toba Internasional medan. Hal ini diindikasikan olehhasil analisis dimana nilai F-hitung (89.256) > F-tabel (4.0) dan sig-p (0.000) < sig - ( ) sehingga hipotesis diterima
  2. Setiap variabel press relations, product publicity, corporate communication, lobbyingdan counseling memberi pengaruh signifikan/mempunyai peranan terhadap variabeltingkat hunian. Hal ini diindikasikan oleh nilai t-hitung masing masing variabel yang terbukti lebih besar dari nilai t-tabel untuk n=60 atau df=59 pada taraf kepercayaan 0.95%.
  3. Pengaruh yang paling dominan dihasilkan oleh variabel product publicity sebesar 25.96%, disusul oleh variabel corporate communication (25.50%) dan pengaruh paling kecil diberikan oleh variabel counseling (13.89%).

Published

2014-02-01