Analisis Hubungan Penggunaan Radio Sebagai Media Promosi Perusahaan dengan Pendapatan PT. Radio Bayu Tanah Karo

Authors

  • Ribka Diana Ginting Universitas Quality

Abstract

Perusahaan dalam menjalankan usahanya tidak dapat dilepaskan dari strategi untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada masyarakat. Salah satu media yang cocok untuk mempromosikan produk perusahaan kepada masyarakat Kabupaten Karo adalah media siaran radio.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah : metode penelitian kepustakaan (library research), dan metode penelitian lapangan (field research). Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, melalui teknik dokumentasi, penyebaran kuesioner, dan melakukan wawancara.

Untuk menganalisis data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian penulis menggunakan analisis deskriptif, dan analisis deduktif.

Dari pelaksanaan penelitian diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) Penggunaan PT. Radio Bayu Tanah Karo sebagai media promosi perusahaan dari seluruh total siaran adalah rata-rata sebanyak 59,37% termasuk kategori cukup baik. (2) Pendapatan PT. Radio Bayu Tanah Karo dari siaran promosi perusahaan cukup baik, yaitu rata-rata setiap tahunnya sebanyak Rp. 444.400.112,- atau 54,07% dari keseluruhan pendapatan.

Published

2014-02-01