Analisa Faktor Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Berastagi

Authors

  • Sabar Lamhot Tua Simatupang Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa faktor pelayanan terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.Unit Berastagi.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan dan metode penelitian lapangan dengan sampel sistematis sebanyak 100 orang.

Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan tiga cara,yaitu: observasi, wawancara dan pengajuan kuesioner, Metode analisi yang dilakukan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, metode analisis deduktif dan metode analisis kuantitatif dengan rumus regresi linier. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah :

Pelayanan berpengaruh positif terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Berastagi. PT.Bank Rakyat Indonesia(Persero) Tbk. Unit Berastagi menunjukkan peningkatan jumlah nasabah setiap tahunnya.

  1. Dari pengolahan data yang dilakukan, maka hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:
    Pelayanan berpengaruh positif terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk.Unit Berastagi.
  2. Jumlah nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.Unit Berastagi dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.
  3. Terdapat fakta atau faktor lain selain dari pelayanan yang mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah pada PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.Unit Berastagi ditunjukan oleh nilai I = 56,25% . Yang berarti 43,75% peningkan jumlah nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.Unit Berastagi ditentukan oleh faktor lain.

Published

2014-02-01