Hubungan Budaya Organisasi dengan Prestasi Kerja Pegawai Universitas Dian Nusantara

Authors

  • Yayi Ayuning Tias Universitas Dian Nusantara

Keywords:

Budaya Organisasi, Prestasi Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara Budaya Organisasi dengan Prestasi Kerja pegawai, dengan mengambil lokasi pada Fakultas Ekonomi Universitas Dian Nusantara (FE UNTARA). Penulis memilih judul ini dengan pertimbangan bahwa Prestasi Kerja Pegawai merupakan faktor strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di perguruan tinggi tempat penelitian dilaksanakan. Semakin tinggi Prestasi Kerja Pegawai akan menunjukkan profesionalitas pegawai yang semakin tinggi, sehingga dengan profesionalitas yang tinggi tersebut maka diharapkan dapat meningkatkan mutu para tenaga pengajar sehingga mutu pendidikan akan semakin membaik. Dari berbagai permasalahan yang dijumpai di lokasi penelitian, kiranya faktor Budaya Organisasi merupakan faktor kunci untuk memperoleh Prestasi Kerja Pegawai yang tinggi.

Berdasar hasil penelitian yang mengambil sampel sebanyak 40 orang, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan nyata dan positif yang kuat antara Budaya Organisasi dengan Prestasi Kerja Pegawai. Hubungan positif ini menunjukkan bahwa bilamana Budaya Organisasi meningkat maka akan diikuti dengan peningkatan Prestasi Kerja Pegawai. Tingkat kekuatan hubungan ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry1 = 0,768. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien determinasi R2 = 0,589 yang berarti bahwa pengaruh Budaya Organisasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai adalah sebesar 58,90% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dilihat dari besarnya FHitung = 54,556 > Ftabel = 4,05 maka persamaan regresi antara Budaya Organisasi dengan Prestasi Kerja Pegawai memiliki kebermaknaan.

Untuk mengukur tingkat Budaya Organisasi pegawai di Fakultas Ekonomi Universitas Dian Nusantara, dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang menjadi indikator faktor tersebut, sebagaimana dirinci dalam Kisi-Kisi Instrumen Penelitian ini. Demikian pula untuk mengukur Prestasi Kerja Pegawai. Mengingat Prestasi Kerja Pegawai merupakan faktor kunci dalam profesionalitas pegawai dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi khususnya di tempat studi kasus dilaksanakan, dan ternyata masih ada faktor lain yang mempengaruhinya, maka disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan, yang meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi Prestasi Kerja Pegawai.

Published

2015-08-01