Model Penilaian Kinerja bagi Lembaga Kursus dan Pelatihan dengan Logika Fuzzy

Authors

  • Armaini Rahman Universitas Sumatera Utara
  • Iryanto Universitas Sumatera Utara
  • Zakarias Situmorang Universitas Sumatera Utara

Keywords:

Logika Fuzzy, Fuzzy Inference System, Penilaian

Abstract

Model penilaian kinerja bagi lembaga kursus dan pelatihan menjadi perhatian cara penilaiannya. Penilaian kinerja bagi lembaga kursus dan pelatihan yang dilihat dari aspek pemasaran, aspek sumber daya manusia, aspek operasional/pelaksanaan, dan aspek keuangan akan dinilai dengan menggunakan logika fuzzy dan kesesuaian fungsi keanggotaan fuzzy. Penilaian yang dilakukan untuk saat ini belum memberikan hasil penilaian sesuai dengan kategori penilaian yang ada pada lembaga kursus dan pelatihan untuk mengembangkan potensi yang ada di lembaga kursus dan pelatihan, sehingga dibutuhkan metode penilaian yang tepat untuk mengambil keputusan penilaian kinerja bagi lembaga kursus dan pelatihan. Penggunaan logika fuzzy dan fungsi keanggotaan yang memiliki beberapa memiliki aturan-aturan fuzzy, maka akan diperoleh hasil penilaian kinerja bagi lembaga kursus dan pelatihan dengan kategori penilaian.

Published

2016-02-01