Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Nilam Sari Universitas Quality

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematik, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa, Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di kota Lhokseumawe yang berakreditasi B, dari hasil pengambilan sampel secara acak diperoleh sampel yaitu siswa SMP Negeri 4 dan siswa SMP Negeri 12 Lhokseumawe, penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan unit sampel sebanyak 73 siswa yang pengambilannya dilakukan berdasarkan acak kelas. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematik. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari statistik deskriptif N-Gain untuk menyajikan data dan statistik inferensial berupa uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t untuk hipotesis diperoleh hasil penelitian: peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan melalui pembelajaran biasa, dengan taraf signifikan 0,00;. Dengan demikian yang menjadi saran dari hasil penelitian ini adalah (1) pendekatan kontekstual sangat disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika, (2) pendekaan kontekstual akan sangat baik diterapkan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik pada siswa yang berkategori kemampuan rendah, (3) baik digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru tentang berbagai jenis pendekatan pembelajaran agar pembelajaran dapat memenuhi tujuan pembelajaran matematika, dan (4) kepada peneliti selanjutnya disarankan agar kiranya dapat melanjutkan penelitian ini ke arah yang lebih kompleks lagi, guna memperoleh penemuan yang lebih terperinci.

Published

2016-02-01