Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa

Authors

  • Rahmilawati Ritonga Politeknik MBP

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dan menggunakan strategi pembelajaran group investigation dan hasil belajar ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan strategi STAD, (2) untuk mengetahui hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kepercayaan diri dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 50 butir. Untuk menjaring data kepercayaan diri siswa siswa dilakukan melalui instrumen angket yang telah diuji kepada siswa X. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian penelitian faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan : (1) hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran group investigation lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran STAD, (2) hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, dan (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kepercayaan diri dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa.

Published

2016-02-01