Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas V SDN 200111 Padangsidimpuan

Authors

  • Darinda Sofia Tanjung Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini untuk: meningkatkan hasil belajar IPS siswa materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di kelas V SDN 200111 Padangsidimpuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 200111 Padangsidimpuan sebanyak 21 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan rata-rata persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan kemudian menentukan kriteria keberhasilannya. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 45,00% dan pada siklus II sebesar 90,48% sehingga terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 45,48%. Diharapkan jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, guru memberikan bimbingan terbatas pada siswa saat melakukan diskusi kelompok sehingga siswa benar-benar memanfaatkan waktu dan memahami materi dengan baik.

Published

2016-08-01