Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Pembelajaran Matematika

Keywords:

Social Media, Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenggunaan Social Media terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran matematika.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Thomas SU. Sampel yang dipilih adalah mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Thomas SU. Instrumen yang digunakan adalah tes berpikir kreatif dan angket untuk mengukur penggunaan Social Media. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan persamaan Y = 74,150 + 0,099X dengan thitung = 0,645, karena thitung> 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Social Media terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran matematika yaitu sebesar 0,099.

Published

2016-08-01