Analisis SWOT Pada Hotel Green Garden Berastagi

Authors

  • Sabar Lamhot Tua Simatupang Universitas Darma Agung

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Abstract

SWOT adalah suatu strategi yang digunakan untuk menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan yang disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan internal yang dimiliki oleh perusahaan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan analisis SWOT dalam meningkatkan volume penjualan pada Hotel Green Garden Berastagi. Melalui identifikasi, analisa, penerapan, dan pengendalian SWOT secara cermat, strategi pemasaran yang direncanakan dan dijalankan oleh Hotel Green Garden Berastagi akan semakin efektif dan efisien sehingga meningkatkan volume penjualan kamar. Alasan untuk melakukan penelitian ini adalah untuk memberikan suatu gambaran nyata pada perusahaan mengenai kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh perusahaan dalam meningkatkan efektifitas dan kinerja perusahaan serta untuk mengetahui upaya pemasaran yang dilakukan Hotel Green Garden Berastagi dalam menigkatkan volume pemasaran dengan memperhatikan analisis SWOT. Hasil penelitian yang dilakukan pada Hotel Green Garden Berastagi menunjukkan bahwa analisis SWOT yang dilakukan belum lengkap dan tidak menyajikan alternatif strategi, melainkan hanya menyajikan identifikasi peluang dan ancaman serta identifikasi kekuatan dan kelemahan.

Published

2016-08-01