Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Algoritma Hamming Code dalam Mencari Bit Error pada Komunikasi Data

Authors

  • Misdem Sembiring AMIK Medan Business polytechnic
  • Fauzi Haris Simbolon AMIK Medan Business Polytechnic

Keywords:

Hamming Code, Perancangan Perangkat Lunak, Komunikasi Data, Bit Error

Abstract

Dalam ilmu komputer terdapat bermacam-macam algoritma dalam mendeteksi serta mengoreksi error ketika transmisi data digital berlangsung. Salah satu algoritma untuk mendeteksi error adalah dengan menggunanakan Hamming Code dengan single error corrention. Metode ini sangat cocok digunakan pada situasi dimana terdapat beberapa error yang teracak (randomly occurring errors). Metode Hamming Code menyisipkan (n + 1) check bit ke dalam 2n data bit. Metode ini menggunakan operasi XOR (Exclusive - OR) dalam proses pendeteksian error, dengan nilai Input dan output data berupa bilangan biner. Peneliti bermaksud untuk merancang perangkat lunak pembelajaran yang mampu menjelaskan teknik pendeteksian error dari algoritma Hamming Code. Panjang data input dan output pada algortima Hamming Code minimal harus sama dengan 4 bit. Atau dengan perkataan lain, algortima Hamming Code tidak mendukung data dengan panjang 2 bit. Algortima Hamming Code tidak mampu melakukan pengecekan terhadap posisi data error (bad bit) yang lebih dari satu buah.

References

Maulana, J., Arini, & Fahrianto, F. (2014). Perancangan Simulasi Pengkodean Hamming (7, 4) untuk Menghitung Bit Error Rate (BER) pada Binary Symentic Channel. Jurnal Teknik Informatika, 7(2), 24-34.

Andana1, A. F., Akbar, S. R., & Maulana, R. (2018). Implementasi Deteksi Dan Koreksi Error Pada Komunikasi Serial Arduino Berbasis UART Dengan Metode Hamming Code. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(11), 5089-5095.

Green, D. C. (2000). Komunikasi Data. Yokyakarta: Andi.

Ralph J. S. (1990). Rangkaian, Piranti dan Sistem, Edisi Keempat, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Stallings, W. (2001). Dasar-dasar Komunikasi Data. Jakarta: Penerbit Salemba Teknika.

Malvino, Albert P., & Tjia M, O. (1994). Elektronika Komputer Digital, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pramono, D. (2002). Mudah menguasai Visual Basic 6. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rahadian, H. (2001). Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2021-09-20

How to Cite

Sembiring, M., & Simbolon, F. H. (2021). Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Algoritma Hamming Code dalam Mencari Bit Error pada Komunikasi Data. LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 24–28. Retrieved from https://ejournal.amikmbp.ac.id/index.php/lofian/article/view/161

Issue

Section

Articles