Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Promosi Produk Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)
Keywords:
moora, promosi, sistem pendukung keputusanAbstract
Dalam suatu bisnis, diperlukan upaya memaksimalkan keuntungan diantaranya dengan melakukan promosi. Masa Coffee pada saat ini masih belum menggunakan data penjualan yang terdokumentasi untuk mengamati selera konsumen sebagai dasar melakukan promosi produk. Dengan demikian perlu adanya sebuah sistem yang dapat membantu menentukan rekomendasi promosi. Sistem pendukung keputusan tentunya akan lebih mempermudah dalam pengambilan keputusan dalam mengevaluasi rekomendasi promosi produk. Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA) ini dapat dimanfaatkan dalam proses penentuan rekomendasi promosi produk. Metode ini memiliki hasil yang berupa perankingan dimana rekomendasi promosi produk diambil dari ranking terendah dalam membantu pengambilan keputusan agar memudahkan pihak Kedai Masa Coffee dalam menentukan rekomendasi produk. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SPK dan alat bantu analisis yang digunakan adalah flowchart, CD, DFD, dan ERD dengan metode pengujian blackbox. Dari hasil perhitungan pada sistem ini, didapat bahwa terdapat produk yang dipilih untuk dijadikan produk promosi yaitu produk Americano dengan nilai 0,045156.
Downloads
References
Arief, M.R, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL. Yogyakarta: Andi, 2011.
Pangestu, I. D., & Fahrullah, F. (2021). PENERAPAN METODE PREFERENCE SELECTION INDEX (PSI) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPERVISOR DI PT ARKANANTA. JURNAL TEKNOSAINS KODEPENA, 2(1), 37-49. Retrieved from http://www.jtk.kodepena.org/index.php/jtk/article/view/32
Kadir, A, Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.
Novandi, D., & Fahrullah, F. (2021). IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM PEMILIHAN KEPALA DINAS XYZ . JURNAL TEKNOSAINS KODEPENA, 2(1), 6-13. Retrieved from http://www.jtk.kodepena.org/index.php/jtk/article/view/33
Pratiwi, H, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2016.
Rosa, A. S., dan Shalahuddin, M, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2013.
Soetomo, S., & Fahrullah, F. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN METODE ELECTRE UNTUK REKOMENDASI PROMOSI JABATAN KEPALA SEKOLAH. JURNAL TEKNOSAINS KODEPENA, 2(1), 26-36. Retrieved from http://www.jtk.kodepena.org/index.php/jtk/article/view/34
Trimarsiah, Y., & Arafat, M. Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana. Jurnal Ilmiah MATRIK. 2017: Vol. 19 No, 1–10.
Zulfakhri, 2020, Implementasi Metode MOORA Dalam Sistem Pendukung Keputu san Rekomendasi Toko Online. Skripsi UIN SUSKA Riau, Pekanbaru.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Rayda Bazhrullah, Tina Tri Wulansari, Nariza Wanti Wulan Sari, Fahrullah Fahrullah, Dedy Mirwansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.